‘Harga BBM Naik, Pengusaha Juga Terbebani’

Image 

Unjuk rasa tolak kenaikan BBM

 

          REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI, Poempida Hidayatulloh mengatakan, kenaikan harga BBM tidak hanya membebani rakyat kecil. Para pengusaha juga ikut terbebani dengan kenaikan harga BBM.

          Jika harga BBM naik, ujar  Poempida, membuat buruh merasa resah. Kalau buruh resah, pengusaha juga ikut terbebani. Apalagi harga-harga barang produksi juga naik. Kalaupun harga BBM mau dinaikkan, kata Poempida, pemerintah harus benar-benar memberikan solusi. ”Jangan harga BBM dinaikkan namun tidak ada solusi yang matang,” kata dia di Jakarta, Senin, (13/5).

          Pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyrakat (BLSM), terang Poempida, bukan merupakan solusi yang baik. “Masyarakat tidak bisa menikmati BLSM yang hanya sementara,”terangnya. Seharusnya, ujar Poempida, dana untuk BLSM dialihkan untuk menaikkan premi Penerima Bantuan Iuran (PBI) di dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Sebab premi PBI saat ini masih sangat kecil.

          Dari rencana kenaikan BBM tersebut tentunya menimbulkan kegelisahan bagi masyarakat. Diantara banyaknya kesulitan dalam membiayai kebutuhan hidup sehari hari, masyarakat harus siap menghadapi dampak dari kenaikan BBM. Pemberian bantuan pun sebenarnya bukan solusi yang baik karena bantuan itu tidak mendidik masyarakat menjadi mandiri.

          Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

          Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya berjalan,mundar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukan kepala memandang jauh kedepan sambil mengepal-ngepal tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicaran dan lain-lain.

          Kegelisahan yang dialami oleh manusia biasanya dialami oleh orang orang yang merasakan ketakutan yang sangat akibat perbuatannya sehingga mampu menggangu system pemikirannya yang seharusnya berfikir positif menjadi berfikiran negative.

          Kegelisahan ini biasanya juga dipicu oleh rasa khawatir akan sesuatu yang belum pasti, sering terjadi disekitar kita juga, atau malah mungkin  bisa orang terdekat kita sendiri yang merasakan gejala kegelisahan itu sendiri.

Menurut Sigmund Freud, ahli psikoanalisa berpendapat bahwa ada tiga macam kecemasan atau kegelisahan yang menimpa manusia yaitu:

  1. Kegelisahan Objektif

adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam untuk mencelakakannya. Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadi takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu atau dalam keadaan tertentu dari lingkungan.

  1. Kegelisahan Neoritis

timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah. Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi tiga macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional (phobia), dan rasa takut lain karena gugup, gagap dan sebaganya.

  1. Kegelisahan Moril

disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam-macam emosi antara lain: rasa iri, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang. Semua itu merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasarkan konsep yang kurang sehat. Sikap seperti itu sering membuat orang merasa khawatir, cemas, takut, gelisah dan putus asa. Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar.

 

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s